- Back to Home »
- Perangkat Keras Komputer (Hardware)
Posted by : triwahyuni3
Selasa, 22 April 2014
Perangkat Keras Komputer (Hardware)
Pengertian :
Hardware atau dalam bahasa
indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah salah satu
komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba
secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung
proses komputerisasi.
Cara Kerja :
Hardware dapat
bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga
disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang
dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan
berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.
Hardware dapat beroperasi bila diberi
arus listrik. Rangkain elektronik yang disusun sedemikian rupa hanya mengenali
tegangan listrik baik positif maupun negatif yang secara digital dikenal
sebagai 1 dan 0.
Hardware hanya mengenali bilangan 1
dan 0. Untuk berinteraksi dengan hardware hanya dengan memanfaatkan angka 1 dan
0 tentu saja sangatlah sulit. Bahasa pemrograman yang mengenali angka 1 dan 0
disebut bahasa mesin.
Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
1.
Perangkat input (input device)
Perangkat input merupakan perangkat
yang digunakan untuk memasukkan tombol, posisi, suara, video ke dalam komputer
yang selanjutnya diproses dan memberikan hasil sesuai dengan yang diharapkan.
Berdasarkan jenis inputannya perangkat input dapat dibagi kedalam:
- perangkat input tekan, cth :
keyboard,
- perangkat input geser, cth : mouse,
track ball, touch pad
- perangkat input suara, cth :
microphone
- perangkat input video, cth : camera
2.
Perangkat pemroses (process device)
Perangkat pemroses merupakan perangkat
yang digunakan untuk memproses hasil inputan perangkat input. Berdasarkan
fungsinya perangkat pemroses dapat dibagi kedalam:
- unit pemrosesan utama (central
proccessing unit – CPU – processor)
- unit pemrosesan logika dan
aritmatika (aritmathic logical unit)
- unit pemrosesan sementara (random
access memory – RAM)
3.
Perangkat keluaran (output device)
Perangkat keluaran menampilkan hasil yang
diberikan perangkat pemroses. Perangkat keluaran dapat dikelompokkan kedalam 2
bagian utama:
- perangkat keluaran fisik, cth :
printer
- perangkat keluaran non fisik, cth :
monitor
CONTOH PERANGKAT KERAS KOMPUTER :
1. Input Device
a. Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data
dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter
khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan
perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka
file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang
diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada
tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang
digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini
diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization).
Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita
kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG
Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1. typewriter key
2. numeric key
3. function key
4. special function key.
b. Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input
device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara
cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan
keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah
berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input
device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan
pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol,
umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan.
Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak
tombol ini terletak ditengah.
c. Joy Stick dan
Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya
berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi
terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak
suatu objek dalam komputer.
d. Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah
untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal
vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini
biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan
buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di
Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
e. Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng copy atau menyalin
gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori
komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi
scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy
hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan
melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau
modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text
maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa
digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa
digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang
biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian
Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang
dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner
untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas
OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam
bentuk teks.
2. Process Device
a. Power supplay
Lower
supplay menyediakan arus listrik untuk berbagai peralatan CPU power supplay
mengkonversi listrik dan menyediakan aliran listrik tetap untuk digunakan
komputer. Kualitas power supplay menentukan kwalitas kinerja komputer. Daya
sebesar 300-400 wat yang disalurkan power supplay biasanya cukup bagi komputer
yang digunakan untuk pengetikan ataupun grafik. Sementara, daya 400-500 watt
dibutuhkan jika komputer bekerja menggunakan banyak menggunakan Periferal (
unit tambahan).
b. Motherboard
Motherboard
adalah ppan rangkaian utama komputer untuk memasang processor, memory dan
perangkat lainnya.
c. Processor
Processor
adalah sebuah chip yang merupakan pengolah utama dan pusat pengendalian
berbagai perangkat komputer.
d. RAM
(Random Access Memory) – Memory
RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory biasanya disebut dengan
istilah pendek yaitu Memori. Memory atau RAM merupakan sebuah perangkat keras
komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory
bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yg dibutuhkan
Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi.
3. Output Device
a.
Monitor
Monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya
adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di
layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun
informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya
sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang
berbeda. Resolusi ini lah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat
ditampilkan pada layar monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat
beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan
bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).
b.
Printer
Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang
berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari
komputer pada media kertas atau yang sejenisnya. Jenis printer ada tiga macam,
yaitu jenis Printer Dot metrix, printer Ink jet, dan printer Laser jet.
c.
Speaker
Sepaker di sini pengertiannya sama dengan speaker pada umumnya, Speaker adalah
transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara
menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.